Rabu, 09 Januari 2013


BAB  I

PENDAHULUAN

I. Latar Belakang


     Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang sangat jauh saat ini dan telah merevolusi cara hidup kita, baik terhadap cara berkomunikasi, cara belajar, cara bekerja, cara berbisnis, dan lain sebagainya. Era informasi memberikan ruang lingkup yang sangat besar untuk mengorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru, inovatif, instan, transparan, akurat, tepat waktu, lebih baik, memberikan kenyamanan yang lebih dalam mengelola dan menikmati kehidupan. Dengan teknologi informasi dan komunikasi semua proses kerja dan konten akan ditransformasikan dari fisik dan statis menjadi digital, mobile, virtual dan personal. Akibatnya kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat. Kecepatan proses meningkat sangat tajam di banyak aktivitas modern manusia.

  Teknologi Informasi adalah sarana/prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, dan penapsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Teknologi informasi juga dapat dikatakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.



BAB II

PEMBAHASAN


II.Sejarah Teknologi Informasi

1.  Masa Prasejarah

a. Masa (….s/d 3000 SM)


      Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

 b. Masa 3000 SM 
      Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

c. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

 1) 2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
     Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

2) 500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas.
     Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

 3) 105 M Bangsa Cina menemukan kertas.

     Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.




 2. Masa Modern (1400-AN M S/D SEKARANG)

A. Tahun 1455
     Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.

B. Tahun 1830
     Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.

  C. Tahun 1973-1990
 Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.

 D. Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.



Berikut adalah Perkembangan Teknologi di Indonesia:

A. Perkembangan Komputer


     Seperti kita ketahui bahwa perkembangan pengguna komputer setiap hari semakin meningkat di Indonesia, hal ini karena pentingnya komputer dalam peranan kehidupan sehari-hari misalnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang mana akan lebih baik dan cepat dengan menggunakan teknologi komputer...

     Saat ini, ada banyak sekali spesifikasi komputer yang bisa kita temukan dengan harga dan kualitas yang beraneka ragam. Dalam memilih spesifikasi komputer dipastikan bahwa sesuai dengan kebutuhan kita, misal kita prioritaskan komputer untuk bermain game maka hardware yang menjadi prioritas kita adalah VGA (Video Card) dengan tambahan spesifikasi komputer standar. Jika kita prioritas dalam media penyimpanan misal dalam menyimpan dokumen penting suatu perusahaan, menyimpan media file mp3,video, dsb maka diperlukan ruang disk yang besar sehingga lebih prioritas pada harddisk.


     Ada bnyak sekali jenis-jenis dari spesifikasi komponen dan hal perlu diingat bahwa perbandingan harga tidak menjamin suatu komponen memiliki kualitas bagus atau jelek, sebagai contoh ada 2 komponen hardware dengan 2 spesifikasi yang sama tetapi di produksi dari 2 perusahaan berbeda dan dengan harga berbeda pula, anggaplah nama komponennya komponen A1 dari perusahaan x dan komponen A2 dari perusahaan y, dari perbandingan spesifikasi keduanya sama tetapi harga komponen dari perusahaan x lebih tinggi dibandingkan harga komponen dari perusahaan y dan kebanyakan orang beranggapan bahwa semakin tinggi harga maka semakin tinggi kualitas suatu barang namun tidaklah selalu demikian..,,krn tidak selalu barang mahal memiliki kualitas yang lebih tinggi...


     Seperti kita ketahui bahwa rata-rata perkembangan pengguna komputer hampir menyamai perkembangan pengguna ponsel wlwpun perkembangan pengguna ponsel memiliki traffic lebih tinggi.








B. Perkembangan Handphone



Seperti yang kita ketahui, handphone skarang merupakan salah satu alat komunikasi yang paling merakyat.Mulai dari tukang sayur sampai ke eksekutif-eksekutif muda semuanya sudah menggunakan handphone,tapi tahukah anda bahwa handphone dahuluya hanya digunakan oleh kalangan atas saja,Berikut ini ialh kisahnya :
Perkembangan handphone mulai masuk indonesia sekita tahun 1998,pada tahun tersebut handphone hanya digunakan untuk menelepon saja dan harga handphonenya sangat tinggi sekali sekitar 10 jt rupiah,vendor-vendor yang pertama kali mengeluarkan handphone ialah :siemens,ericsson,dan nokia.Pada masa tersebut juga kartu perdana yang dipergunakan harganya sangat mahal sekitar 500 ribu rupiah dan masih memeiliki sistem roaming yang mengharuskan kita memiliki pulsa walaupun hanya menerima panggilan saja.




     Teknologi setelah sms ialah konektivitas yang semakin cepat dengan lahirnya GPRS(general pocket radio service)dimana kita akan semakin cepat dalam mengakses internet via ponsel gprs yang pertama kali muncul ialah handphone yang disebut 1G,2G,3G,3.5G DAN 4G.pada masa saat ini ponsel bukan hanya sebagai alat komunikasi semata melainkan sudah menjadi lifestyle.


C. Perkembangan Teknologi Mobil

       Jika membahas tentang Perkembangan Teknologi Mobil maka tidak akan lepas dari sejarah industri otomotif. Kedua hal tersebut berkaitan erat dan masing-masing mempunyai andil cukup signifikan bagi kemajuan serta pencapaian suatu bangsa dalam bidang teknologi. Industri otomotif menurut hemat penulis termasuk juga di dalamnya adalah sepeda motor beserta komponen pendukungnya. Pada awal perjalanannya, industri otomotif di Indonesia lebih dipengaruhi oleh situasi politik yang jika di gali lebih dalam akan kita temui fakta-fakta sosial yang selalu menarik untuk di cermati. Pada masa Orde Baru misalnya, kita masih ingat berbagai macam keputusan yang termaktub dalam undang-undang selalu subyektif dan tak pelak hanya menguntungkan suatu kelompok. Peraturan seperti ini juga berlaku dalam urusan industri dalam hal ini adalah industri otomotif.

        Perkembangan Teknologi Mobil di Indonesia telah memunculkan persaingan yang sangat ketat dari para produsen otomotif dimana hal itu sangat menguntungkan bagi konsumen. Yang terjadi sekarang adalah kita hidup di era kompetitif dengan pilihan harga yang beragam dan sistem pembayaran yang mudah. Seiring dengan stabilnya perekonomian, daya beli masyarakat Indonesia akan barang mewah menjadi tinggi termasuk didalamnya adalah mobil. Angka kepemilikan kendaraan pribadi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang tajam. Dalam perkembangannya (secara global) kondisi tersebut tidak di imbangi dengan ketersediaan bahan bakar yang mencukupi hingga pada saatnya nanti tentu akan menimbulkan masalah baru .





D. Pekembangan Transportasi

       Bagi sebuah negara, trasportasi menjadi salah satu elemen yang memegang peranan penting dalam rangka mensejahterakan rakyatnya. Sebelumnya perlu kita pahami terlebih dahulu pengertian transportasi secara umum adalah kegiatan mengangkut maupun memindahkan sesuatu dari tempat yang satu ke tempat lain. Sistem transportasi baik itu darat, laut maupun udara yang menjadi urat nadi pembangunan suatu wilayah selalu berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. Seperti negara-negara pada umumnya, perkembangan transportasi darat di Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah transportasi itu sendiri. Mengenai topik ini, kita bisa menemukannya melalui artikel, makalah maupun dokumentasi lainnya yang telah banyak diterbitkan.




       Jika menilik sejarah perkembangan teknologi transportasi, berbagai sumber menyebutkan  bahwa hal ini berkaitan langsung dengan situasi politik yang sedanga berjalan di masa itu. Bila sebelumnya masyarakat kita akrab sekali dengan kendaraan tradisional seperti kuda, pedati, gerobak, andong serta becak sebagai angkutan pribadi, angkutan barang maupun massal, lambat laun kendaraan seperti ini mulai tergantikan. Pergerakan zaman dengan laju teknologi dan tentunya tak lepas dari campur tangan rezim penguasa menjadi kekuatan yang tak terbendung. 




       Kemajuan juga dapat kita temui pada jenis angkutan umum massal yang lain yakni dengan semakin banyaknya jalur kereta api yang dibuka. Di sepanjang pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan serta yang lainnya kini telah terakses oleh lintasan kereta api. Nuansa perkembangan teknologi transportasi darat begitu terasa dengan penambahan jalur serta penataan PJKA sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang menangani urusan kereta api. Modernisasi dalam hal teknologi juga terus diupayakan, hal ini ditandai dengan mulai dioperasikannya kereta listrik serta berbagai kerja sama dengan negara maju untuk mengembangkan sistem perkeretaapian yang mutakhir.


E.  Perkembangan Teknologi Mesin Industri

     Sebagai negara berkembang dengan laju pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, Indonesia sangat berkepentingan untuk menambah, memperbaiki ataupun modernisasi teknologi. Hal ini mutlak dilakukan guna mempercepat proses pembangunan di segala bidang tak terkecuali dalam ruang lingkup industri. Dewasa ini,  beraneka jenis usaha dari yang sekupnya kecil seperti industri rumah tangga sampai pada level menengah dan tinggi sebutlah pabrik makanan dan minuman, es batu, roti, kopi, karet, kayu, mesin bubut, perusahaan kertas, plastik, rokok
otomotif dan masih banyak lagi. Berbagai macam usaha tersebut bertebaran di seluruh wilayah negeri yang dalam perjalanannya berkaitan erat dengan Perkembangan Teknologi Mesin Industri saat ini.




       PengertianPerkembangan Teknologi Mesin Industri mengandung arti peralatan serta teori atau kiat-kiat guna memproduksi dan menghasilkan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Di masa lampau manusia telah berhasil mengolah bahan-bahan yang bersumber dari alam meski dengan sumber daya manusia yang terbatas. Menggunakan teknologi sederhana (seadanya) dan membutuhkan tenaga yang besar namun mereka hanya mendapatkan hasil yang sangat minim. Seiring perkembangan zaman, teknologi industri turut mengiringi dengan kemajuan yang sangat menggembirakan. Berbagai penemuan sangat membantu dalam modernisasi pengolahan bahan. Peralatan canggih yang terintegrasi dengan perangkat komputer telah merubah sistem manual menjadi serba otomatis.

     Kini, berbekal peralatan yang serba modern tersebut semua aktifitas produksi bisa dirampungkan relatif cepat, efektif dengan hasil output yang maksimal. Untuk industri barang, Perkembangan Teknologi Mesin Industri saat ini memungkinkan untuk membuat produk beraneka ragam yang masing-masing dapat di seting atau di atur dalam jumlah yang banyak (massal). Namun demikian, keberadaan manusia tetap dibutuhkan sebagai fungsi kontrol. Secanggih apapun perangkat komputerisasi mesin, manusia adalah operator utama yang memegang peran inti. Seseorang harus menguasai terlebih dahulu disiplin ilmu dalam hal ini adalah tekhnik mesin sebelum terjun mengoperasikan mesin. Baik di SMK maupun perguruan tinggi, pemerintah telah menyiapkan tenaga-tenaga ahli yang nantinya akan menangani urusan ini dengan ribuan lulusan setiap tahunnya.

     Perkembangan Teknologi Mesin Industri telah kita rasakan manfaatnya. Telah banyak pencapaian yang meliputi bermacam-macam industri dari berbagai aspek kehidupan. Dari kebutuhan dasar manusia seperti makanan, tempat tinggal (perumahan), pakaian (tekstil), kesehatan (farmasi), semua telah memanfaatkan teknologi mutakhir dalam proses pembuatannya.


BAB III

PENUTUP


      Aplikasi dan potensi TIK telah membawa pergeseran pandangan tentang pembelajaran dan peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Perubahan paradigma dalam proses pembelajaran dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran yang beriorientasi pada penerapan TIK akan mempercepat peningkatan kualitas pendidikan yang pada akhirnya dapat mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain di dunia.
   Penerapan TIK dalam pembelajaran memungkinkan kegiatan belajar mengajar lebih interaktif, simulatif dan lebih menarik. Bagaimanapun banyaknya dampak positif dalam penerapan TIK dalam pembelajaran di sekolah, kita mempunyai tanggungjawab bersama dalam meminimalisasi dampak negatif yang muncul baik secara individual, maupun sosial. Perlu kerjasama (kolaborasi) antara guru di sekolah dan dosen di perguruan tinggi untuk memperbaiki kualitas kurikulum TIK di Indonesia.